PASAR SEGMENTASI
Pasar Segementasi adalah pembagian pasar dari yang beraneka ragam menjadi seragam atau sejenis. Pasar segmentasi dibagi bedasarkan :
- Letak geografis ( surat kabar daerah, stasiun televisi daerah, dan siaran radio
- Demografi ( Pembagian pasar bedasarkan umur, jenis kelamin, agama, dll
- Fisikografi (gaya hidup)
- Behavior (bedasarkan kesempatan dan manfaat)
Kesempatan kali ini kami akan mengambil contoh toko Robbani (toko kerudung)
Toko ini masuk dalam pasar segmentasi bedasarkan demografi ke dalam jenis kelamin dan agama yang dikhusus untuk kaum wanita. Toko ini menjual kerudung, alat shalat (mukenah dan sajadah), pakaian muslim, dan assesoris untuk wanita berkerudung.
- Fungsi utama dari produk yang dikeluarkan oleh Toko Robbani ini digabi bedasarkan produknya:
1. Kerudung
Kerudung digunakan oleh wanita muslimah untuk menutupi aurat mereka (rambut). Kerudung juga memiliki fungsi untuk mempercantik tampilan wanita muslimah. Dan kerudung juga digunakan sebagai ciri khas wanita sebagai seorang muslimah.
2. Alat Sahalat
Alat shalat yang dijual di toko adalah mukenah dan sajadah. Fungsi utama dari mukenah dan sajadah jelas untuk shalat.
3. Pakaian Muslimah
Pakaian muslimah ini digunakan untuk menutup aurat mereka dari kelengkungan badan mereka agar tidak terbentuk namun masih terlihat cantik. Pakaian ini digunakan untuk menghadiri pengajian, pernikahan, dan lain-lain.
- Produk ini memiliki desain yang cukup unik dan ciri yang khas. Kerudung ataupun pakaian yang ditawarkan dari produk ini mempunyai desain yang lucu-lucu dan beraneka ragam sehingga membuat masyarakat tidak jenuh dengan model yang itu-itu saja. Setiap produknya diberikan logo seperti tulisan Allah yang menandakan produk ini adalah produk robbani. Kemasan dari produk ini cukup baik karena setiap kita membeli produk ini diberikan kantung belanja yang ramah lingkungan dan ada nama brand toko. Kualitas dari produk ini sangat baik terihat dari bahan yang digunakan adalah bahan katun yang menimbulkan kenyamanan untuk penggunanya. Harga yang ditawarkan dari produk ini masuk dalam kategori kelas menengah karena harga mulai dari 35 ribu keatas.
- Produk ini dapat ditemukan dimana saja karena produk ini sudah membuka cabang. Pembayaran dapat dilakukan oleh konsumen dengan berbagai macam cara seperti: cash dan kredit. Produk ini mempermudah konsumennya untuk yang menginginkan jadi member. Produk ini dapat dipesan oleh konsumen agar konsumen lebih puas dengan desain dan kualitas yang diberikan oleh produk ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar