Kamis, 28 Oktober 2010

DASAR PEMASARAN


Ini adalah salah satu makanan cemilan untuk yang hoby dengan donat. Dokar adalah singkatan dari donat bakar. Donat ini unik tidak seperti donat lainnya. Donat ini digoreng setengah mateng kemudian dibakar. Rasa dari donat ini sangat bervariasi karena ada 28 rasa yang berbeda dan tentunya dengan rasa yang enak pula, ada rasa sweet. jagung bakar, balado, sapi panggang, chocolalus, capucino, tiramisu, stawblaze, durian, vanila, stawberry, coconut, cocang, chocorise, milky, pink, pelangi, costaw, covanila, cobive, codurian, cichip, berrychip, cokiss, double berry, bonbon, cokeju. Dan bagi anda yang tidak menyukai manis ada alternatif lainnya yaitu donat dengan tampilan burger dan sosis. Pemilik ini dokat ini adalah Bapak Sarif. Awalnya dokar ini hanya ada di Solo namun karena Bapak Sarief ingin memperkenalkan dokar ini keluar daerah Solo akhirnya Bapak Sarif pun membuka cabang di Jakarta dan Bekasi, dan yang saya temui ini tepatnya berada di perumahan Puri Cendana 1. Awalnya hanya dari keisengan mencari inofasi yang berbeda dari donat, dari keisengan itu Pak Sarief menemukan alternatif yaiti dengan donat dibakar. Usaha ini bisa dikatakan masih u karena baru berdiri sejak tahun 29 Juni 2010. Untuk cabang yang di Puri ini bisa menghabiskan dokar sebanyak 51 buah dalam sehari dan rata-rata pembeli lebih suka dengan rasa coklat, keju dan burger. Dokar ini mulai buka dari jam 15.00 sampai 22.00 WIB.

Kelebihan dari usaha makanan dokar ini adalah :
1. Rasa yang ditawarkan lebih banyak dan bervariasi jadi pembeli
tidak merasa bosan
2. Harganya dapat dijangkau oleh masyarakat
3. Tekstur dari donatnya lebih lembut
4. Penyajiannya berbeda dengan donat lain
5. Berbeda dengan donat lain yang hanya digoreng.

Kekurangan dari usaha makanan dokar ini adalah :
1. Promosi yang masih kurang
2. Lokasi penjualan sudah pas namun tempat yang dipilih belum           strategis
3. Dalam menyajikannya buth waktu yang cukup lama
4. Hanya dapat ditemukan saat sore dan malam hari
5. Tempatnya kecil.

 Peluang :
1. Memberikan inofasi jajanan yang baru
2. Memberikan rasa yang berbeda untuk yang tidak suka manis
3. Membantu pembeli yang tinggal diluar Solo
4. Mengatasi pengangguran
5. Lokasi yang strategis

Ancaman :
1. Pembeli bisa berpaling ke yang lain karena waktu penjualannya terbatas
2. Tidak bisa menjadi tempat tongkrongan untuk anak muda
3. Membuat anak jadi susah makan karena keinginan untuk jajan setiap saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar