Mengapa Koperasi tidak di lirik oleh pengusaha dalam menjalankan
bisnisnya?
Koperasi
adalah badan usaha yang dijalankan oleh orang atau beberapa orang yang
tujuannya untuk kesejahteraan bersama. Azas koperasi yang digunakan di
Indonesia adalah azas kekeluargaan, agar siapapun yang berada didalam
lingkungan akoperasi terasa hubungan yang akrab sehingga kita berasa seperti
didalam keluarga sendiri dan dapat menimbulkan rasa nyaman. Koperasi juga
bersifat tidak memaksa jadi meskipun kita bukan anggota ataupun pengurus kita
dapat memanfaatkan atau menggunakan SHU dalam koperasi. Meskipun koperasi
sifatnya tidak memaksa dengan cara memberikan manfaat dari koperasi ke
masyarakat luas, terlihat jelas tujuan koperasi adalah mensejaterakan masyarakat
Indonesia baik anggota maupun bukan anggota. Namun, di Indonesia koperasi
kurang dilirik atau diminati oleh masyarakat untuk dijadikan salah satu bisnis karena
pertumbuhan yang lambat terutama khususnya untuk masyarakat perkotaan. Mereka
lebih senang berbisnis individu atau berkelompok dengan membangun sebuah Mal,
Perumahan, Apartemen, dll. Yang tujuannya bukan mensejahterakan masyrakat kecil
namun mensejahterakan masyarakat kalangan atas dengan bisnis yang mereka jalani
seperti itu. Selain itu, kurangnya
daya saing yang dimiliki oleh koperasi melawan badan usaha yang lain menjadi
salah satu alasan mengapa koperasi kurang dilirik di perkotaan. Masalah
kesadran pun ikut turt andil dalam masalah pertumbuhan koperasi, kesadaran
berkoperasi belum tumbuh berakar di kalangan masyarakat Indonesia. Mungkin kita
bisa memberikan sosialisasi tentang manfaat-manfaat koperasi, sehingga koperasi
bisa dijadikan alternative untuk berbisnis di kalangan bawah maupun kalangan
agar kesejahteraan itu bisa merata sehingga tidak ada lagi yang namanya
kesengsaraan karena kehidupan yang kurang layak. Karena tujuan koperasi itu
sendiri adalah untuk membangun
tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju,
adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Jika
kesadran akan pentingnya koperasi sudah tumbuh didalam individu masyarakat
Indonesia maka kita bisa mewujudkan Koperasi yang siap bersaing denga Badan
Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta. Agar tidak hanya badan diperkotaan saja
yang usahanya maju, didaerah pun bisa mewujudkan usaha yang maju dan sukses
seperti di perkotaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar